Image Image Image Image Image Image Image Image Image Image

Koran Jakarta | July 1 2016

Scroll to top

Top

follow us

Nasional

Perusahaan yang Tak Bayar THR Dikenai Sanksi

Jumat 1/7/2016 | 06:35
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan akan menjatuhkan sanksi administratif dan denda bagi pengusaha yang tidak membayar atau telat membayar Tunjangan Hari Raya (THR) pekerjanya.

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri di Jakarta, Kamis (30/7), mengatakan apabila pengusaha terlambat membayarkan THR maka akan dikenai denda sebesar lima persen dari total THR yang harus dibayarkan kepada pekerja/buruhnya.

Pengusaha juga akan dikenai sanksi administratif berupa teguran tertulis dan pembatasan kegiatan usaha. “Kita meminta kepada seluruh perusahaan untuk melaksanakan kewajibannya untuk membayar THR sesuai ketentuan,” ujar Hanif.

Batas waktu pembayaran THR adalah pada Rabu (29/6) sehingga para pekerja yang belum memperoleh THR diminta agar melaporkan kepada poskoposko pengaduan THR di Kantor Kementerian  Ketenagakerjaan atau di masing- masing   kerjaan atau di masing- masing provinsi dan kabupaten/kota.

“Kita ada posko pengaduan THR mulai dari pusat ke daerah. Jadi kalau ada temanteman pekerja yang belum dibayarkan haknya, silahkan datangi posko pengaduan THR kami,” ujar Menaker.

Sementara itu, sejak 2016 Menaker mengeluarkan peraturan baru terkait pembayaran THR yakni Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/ Buruh di Perusahaan.

Menaker mengubah ketentuan pembayaran THR dari sebelumnya wajib diberikan kepada pekerja/buruh yang telah bekerja selama tiga bulan terus-menerus menjadi hanya sebulan secara terus-menerus.

Menaker pun mengeluarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.20/2016 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Aministratif yang antara lain mengatur sanksi tegas bagi perusahaan yang lalai membayar THR.

Dalam aturan tersebut disebutkan apabila pengusaha terlambat membayarkan THR akan dikenakan denda sebesar lima persen dari total THR yang harus dibayarkan kepada buruh/pekerjanya.

Sanksi administratif berupa teguran tertulis diberikan berdasarkan nota pemeriksaan dan laporan ketidakpatuhan yang masuk ke dinas ketenagakerjaan.

Sedangkan sanksi pembatasan kegiatan usaha mempertimbangkan beberapa hal yaitu sebab-sebab teguran tertulis tidak dilaksanakan oleh pengusaha serta mempertimbangkan kondisi finansial perusahaan yang terlihat dari laporan keuangan dua tahun terakhir dan diaudit oleh konsultan publik. – cit/E-3

Presiden Jokowi Siap Hadiri Puncak Harkopnas di Jambi

Jumat 1/7/2016 | 06:13
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga meminta kepada panitia acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2016 yang akan berlangsung di Jambi pada 21 Juli dipersiapkan maksimal. Acara yang akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo ini agar lebih … Selengkapnya

Fadli Zon-Rachel Dilaporkan Ke MKD

Jumat 1/7/2016 | 06:13
A   A   A   Pengaturan Font

Dinilai melanggar Pasal 6 ayat 4 peraturan Kode Etik DPR, dua politisi Gerindra harus berhadapan dengan Mahkamah Kehormatan Dewan.

JAKARTA. – Perkumpulan yang menamakan pihaknya Koalisi Anti Katebelece Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), melaporkan dua politikus asal Partai Gerakan Indonesia Raya … Selengkapnya

Potensi Banjir dan Longsor Tinggi Saat Mudik

Jumat 1/7/2016 | 06:05
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA. – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi tingginya potensi banjir dan longsor di masa mudik Lebaran 2016 karena faktor tingginya curah hujan hingga tiga bulan ke depan.

Curah hujan yang tinggi, berpotensi memicu terjadinya banjir dan longsor di … Selengkapnya

mondial

Futuris Alvin Toffler Meninggal di Los Angeles

Jumat 1/7/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta — Penulis dan visioner asal Amerika Serikat (AS) yang dikenal dengan karya “Future Shock” dan “The Third Wave”, Alvin Toffler, meninggal dunia pada usia 87 tahun, Senin malam waktu setempat, di Los Angeles, Amerika Serikat. Konsultan miliknya, Toffler Associates, dalam sebuah pernyataan tidak merinci penyebab kematiannya. Ia akan dimakamkan dalam sebuah acara pribadi di Los Angeles.

Buku inovatif Toffler berjudul “Future Shock” yang mengkaji perubahan sosial, serta buku lain yang juga ditulisnya bersama istrinya Heidi, menjadikannya sebagai salah satu futuris paling disegani di era modern. Para pemimpin dunia dan pengusaha juga meminta nasihatnya.

Toffler secara akurat memprediksi perkembangan ekonomi dan teknologi, mencakup kloning dan internet pribadi komputer, serta dampak sosial yang ditimbulkannya, termasuk keterasingan sosial, kemerosotan keluarga ini dan meningkatnya kejahatan dan penggunaan narkoba.

“Banyak prediksi ini menjadi kenyataan dan tesis inti dari karya mereka terbukti benar di mana ekonomi baru berbasis pengetahuan telah menggantikan Era Industri,” kata perusahaan konsultasi tersebut.

Beberapa negarawan dunia, di antaranya pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev pada 1986 dan Perdana Menteri Tiongkok Zhao Ziyang, terinspirasi oleh tulisan dan ide-ide futuris Toffler dan meminta nasihatnya. Miliarder Meksiko Carlos Slim juga telah mengakui Toffler sebagai teman dekatnya yang membantu dalam mengantisipasi dan mengidentifikasi peluang bisnis.

“Future Shock” dipublikasikan di lebih dari 50 negara dan lebih dari 15 juta eksemplar telah dijual, menurut situs Toffler.

Toffler adalah profesor tamu di Universitas Cornell, ahli tamu di Russel Sage Foundation, dan mengajar di New School of Social Research, serta koresponden Gedung Putih. Sebagai dosen pengajar ia banyak disukai, dan telah memperoleh berbagai gelar kehormatan dalam bidang ilmu pengetahuan, sastra, dan hukum.

Pemimpin Baru Janjikan Perubahan

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Duterte bersumpah mempertahankan, melindungi, dan mengembangkan konstitusi yang diprediksi bisa membuat perubahan. 

 MANILA – Rodrigo Duterte, 71 tahun, akhirnya resmi menjadi Presiden Filipina ke-16. Pada Kamis (30/6), Duterte mengucapkan sumpah jabatan dihadapan 627 tamu undangan dan disaksikan jutaan masyarakat Filipina … Selengkapnya

Mahkamah Arbitrasi Keluarkan Putusan 12 Juli

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 DEN HAAG – Mahkamah Arbitrasi Internasional, sebuah pengadilan internasional, yang bermarkas di Den Haag, Belanda, mengumumkan akan membacakan putusan sengketa Laut Tiongkok Selatan (LTS) yang diajukan oleh pemerintah Filipina, pada 12 Juli mendatang. Pernyataan ini menjadi teguran bagi Beijing, yang … Selengkapnya

Pemimpin Korut Dianugerahi Jabatan Baru

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL – Parlemen Korea Utara (Korut) pada Rabu (29/6) menganugerahi jabatan baru pada pemimpin Korut, Kim Jong-un, yaitu Ketua Komisi Urusan Negara. Pemberian jabatan baru itu telah menambah panjang jabatan yang pernah diterima pemimpin muda itu.

“Dengan pemberian gelar itu, … Selengkapnya

ekonomi

Program Tak Efektif Bakal Dihapus

Jumat 1/7/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Bappenas akan berperan lebih besar menentukan alokasi anggaran di postur APBN mulai penyusunan 2017.

JAKARTA – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) siap menyeleksi efektivitas program kerja pemerintah khususnya program kementerian dan lembaga. Jika dinilai manfaatnya tidak dirasakan masyarakat, maka mereka tidak akan segan memangkas program serta menghapus alokasi anggarannya.

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Bappenas, Roni Dwi Susanto mengatakan, pada tahap awal, pihaknya akan mengevaluasi terlebih dahulu pelaksanaan rencana kerja pemerintah.

Bila dianggap tidak sesuai dengan tugas dan fungsi kementerian/lembaga terkait atau tidak sejalan dengan prioritas pembangunan, Bappenas tak ragu memotong program tersebut. “Bappenas punya kewenangan menyampaikan hasil masukannya yang intinya bisa dihentikan.

Pada saat kita punya budget power (kewenangan alokasikan anggaran), anda tidak bisa alokasikan lagi (program itu),” kata Roni di Jakarta, Rabu (29/6). Program 1.000 Toko Tani misalnya yang diajukan Kementerian Pertanian.

Program itu menurut pendapat Bappenas harus dievaluasi sebelum dilanjutkan pada 2016. “Toko Tani kita usulkan sebagai program gagal, kalau mau melanjutkan harus dilakukan evaluasi. Kenapa gagal? Apakah tugas dan fungsinya Kementerian Pertanian ikut dagang atau jualan?,” tanya Roni.

Aturan dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) yang dibuat untuk menguatkan peran Bappenas ditargetkan rampung pada Juli mendatang. PP nomor 40 tahun 2006 tentang Sistem Perencanaan Nasional dan PP Nomor 90 tahun 2010 tentang Keuangan Negara dilebur menjadi satu.

Bappenas akan berperan besar menentukan alokasi anggaran di postur APBN terhitung mulai penyusunan anggaran 2017. Bappenas nantinya akan sejajar dan bersama-sama dengan Kementerian Keuangan dalam menentukan pagu indikatif dan pagu anggaran dalam penyusunan rencana kerja dan alokasi anggaran kementerian/lembaga.

Ubah Strategi
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengubah strategi pembangunan dengan memperkuat peran Bappenas menetapkan pembiayaan program prioritas di tiap kementerian/ lembaga (K/L). Penguatan itu karena selama ini, tiap K/L mengusulkan program serta menyampaikan sejumlah anggaran sehingga terkesan berlomba-lomba memperbanyak usulan program, tetapi tak efektif.

Sebagai langkah pertama mengefektifkan keuangan negara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Sekretaris Kabinet sedang menyiapkan penerbitan peraturan pemerintah (PP) baru terkait perencanaan anggaran yang akan memperkuat kewenangan Bappenas.

“Memang PP itu lebih kepada kewenangan Bappenas. Kalau anggaran mau disusun, Kementerian Keuangan akan memberi tahu kapasitas fiskal ketersediaan anggarannya,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution baru-baru ini. bud/E-10

Vaksin Palsu Bukan Buatan Bio Farma

Jumat 1/7/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – PT Bio Farma (Persero) menegaskan tidak ada vaksin produksinya yang dipalsukan, namun untuk serum diakui ada yang dipalsukan. Direktur Utama PT Bio Farma, Iskandar, mengatakan setelah melakukan pengamatan fisik, kemasan, dan hasil uji laboratorium, vaksin Bio Farma yang … Selengkapnya

SMGR Gandeng Pelindo I Bentuk Anak Usaha

Jumat 1/7/2016 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Biasanya Semen Indonesia membangun sendiri pelabuhan untuk distribusi, kali ini menggandeng Pelindo I di Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara.

JAKARTA – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) bersama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) akan membentuk anak usaha yang akan menangani … Selengkapnya

Sido Muncul Gelar Mudik Gratis

Jumat 1/7/2016 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

SEMARANG – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk hari ini, Jumat (1/7) kembali menggelar program Mudik Bareng Sido Muncul yang dipusatkan di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII Jakarta.

Pada momentum Lebaran 1437 H … Selengkapnya

rona

BJ Habibie Berharap Kisahnya Jadi Inspirasi

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BJ Habibie memiliki impian yang tersimpan setelah pengalaman hidupnya diadopsi ke layar lebar lewat ‘Habibie & Ainun’ dan ‘Rudy Habibie’. Dengan diangkatnya kisah hidup BJ Habibie itu diharapkan akan lebih banyak tokoh inspirasional yang lahir di Indonesia.

“Anak bangsa ini harus memiliki ‘Eyang-Eyang’ lainnya di dalam diri mereka,” ujar pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan ini di Solo, Rabu (29/6) kemarin.

Impian itu muncul setelah Habibie bertemu sejumlah orang yang terinspirasi oleh filmnya tersebut. Salah satunya seorang remaja asal Yogyakarta yang membuat skripsi berdasarkan film ‘Habibie & Ainun’.

“Saya terinspirasi sama film Eyang dan membuat skripsi tentang film ‘Habibie & Ainun’,” ujar Rahadiyan, mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selain itu ada pula seseorang yang menemuinya usai Gala Premiere di Tangerang belum lama ini. Ia mengungkapkan kekagumannya kepada sosok BJ Habibie yang ternyata satu almamater denganya yang sama-sama lulusan Aachen, Jerman.

“Pria itu masih muda dan sama-sama lulusan S1 dan S2 nya di Aachen. Dia sudah diterima kerja di Jerman, tapi setelah menonton film ini ia mengaku telah memutuskan untuk tinggal di Indonesia,” tutur BJ Habibie.

Semoga film ‘Rudy Habibie’ menjadi kado terindah bagi tokoh yang menciptakan pesawat N-250 Gatot Kaca itu dan menginspirasi banyak anak muda lainnya untuk bercita-cita dan berkarya demi bangsa.  Ant/S-2

Tradisi yang Selalu Dirindukan

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mudik Lebaran merupakan tradisi inklusif, yang di dalamnya mengandung ikatan-batin sangat dalam. Tradisi mudik dilakukan setiap tahun sekali ini, adalah proses dari sebuah budaya yang sudah berjalan sangat lama hingga sekarang. Tradisi yang telah menyatu tanpa batas ini memang memunculkan … Selengkapnya

Lezatnya Menu Indonesia Selama Ramadan

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ramadan selalu saja ada yang istimewa. Selain tingkat ibadah yang semakin bertambah, tentu saja saat berbuka atau sahur menjadi semakin tidak terlupakan dengan hadirnya menu-menu khas bulan Ramadan.

Menu pembuka atau yang biasa kita sebut dengan Ta’jil selalu dicari. Beberapa … Selengkapnya

Gitaris Pengiring Elvis Presley Meninggal Dunia

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Scotty Moore, salah satu gitaris rock perintis yang terkenal sebagai anggota band pengiring Elvis Presley, meninggal dunia di usia 84 tahun pada Selasa (28/6) menurut laporan Memphis Commercial-Appeal.

Moore, yang bermain untuk lagu-lagu terkenal Presley seperti “That’s All Right (Mama)”, … Selengkapnya

megapolitan

Pembunuh Jeni Diduga Orang Dalam

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 JAKARTA – Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan pembunuh Jeni Nurjanah yang ditemukan tewas di kamar Apartemen lantai 23A LV 6 Apartemen Bellezza, Permata Hijau, Jakarta Selatan Rabu (29/6), diduga dilakukan orang dalam apartemen. 

“Dugaan sementara bahwa Jeni dibunuh di dalam kamar dengan cara dicekik menggunakan gorden sehingga kehabisan nafas,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono, di Jakarta, Kamis (30/6).

Selain itu, berdasarkan pengakuan sejumlah saksi tidak ditemukan adanya jejak pembunuhan di lingkungan apartemen kelas atas tersebut. “Enggak logis kalau orang mau bunuh di lobby atau di lorong. Pasti akan ketahuan orang lain,” jelas Awi.

Lagipula, jika pembunuhan dilakukan di luar kamar akan sangat sulit bagi pelaku yang diduga tunggal ini membawa mayat Jeni masuk ke dalam kamar. Pasalnya, keamanan apartemen sangat ketat dan tidak bisa sembarang orang masuk. “Sehingga dugaan kami, dia membunuh di dalam kamar apartemen lalu mengunci pintunya dari luar,” kata Awi.

Kunci apartemen yang terbuat dari kartu, tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Hanya orang tertentu saja yang bisa masuk ke dalam dan paham dengan suasana apartemen itu.

Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Eko Hadi Santoso menjelaskan berdasarkan hasil autopsi dan pemeriksaan DNA diketahui bahwa mayat korban pembunuhan bernama Jeni Nurjanah, 25 tahun, warga Tulangbawang, Lampung. 

Eko menjelaskan, Jeni, mayat ditemukan di lantai 23 LV-6 Apartemen Bellezza, diduga adalah seorang pembantu rumah tangga yang bekerja di unit lain apartemen tersebut.

“Di lantai 30 kami mendapat informasi bahwa salah satu keluarga melaporkan tanggal 5 Juni pembantunya sudah hampir dua hari tidak kembali,” kata Eko.

Eko mengatakan, pihaknya belum bisa mendalami keterangan dari majikan Jeni sebab mereka sedang berada di luar negeri. Polisi saat ini masih memeriksa CCTV di area apartemen tersebut. Sebab pembunuhnya kemungkinan kenal baik apartemen tersebut, mengingat aksesnya yang eksklusif. pik/P-5

Pemerintah Siap Hadapi Mudik

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Presiden menginstruksikan untuk meningkatkan keselamatan pemudik selama arus mudik dan balik.

 JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terus memantau kesiapan menghadapi arus mudik Lebaran yang segera tiba. Di sela kunjungan kerjanya ke Banten, Kamis, Presiden menyampaikan bahwa pemerintah telah … Selengkapnya

Antisipasi Kebutuhan Uang Selama Libur Lebaran, Btn Siapkan Rp.29,5 Triliun

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Jakarta, 30 Juni 2016. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp.29,5 Triliun untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang tunai menjelang Idul Fitri 1437 H. Jumlah uang ini disiapkan khusus untuk mengantisipasi kebutuhan selama libur panjang menyambut lebaran … Selengkapnya

Kadis Perumahan Bakal Diganti

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Dewan akan membawa kasus penjualan lahan milik Pemprov di Cengkareng, Jakarta Barat ke Pansus.

 JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana mencari pengganti Ika Lestari Aji untuk menempati jabatan sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI.

“Rencananya, … Selengkapnya

olahraga

Ingin Lebih dari Ciuman pada Sepatu

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ketika Dimitri Payet berlutut di lapangan Lyon mencium sepatu kiri Antoine Griezmann dalam kemenangan Prancis 2-1 atas Irlandia untuk sebuah tempat di perempat final Piala Eropa 2016, banyak fans merasa mereka menyaksikan itu sesuatu yang lebih dari sekedar perayaan gol aneh lainnya.

Dua gol Griezmann pada hari Minggu menjadi penawar bagi penggemar Prancis, yang telah mengkhawatirkan bahwa musim melelahkan mungkin telah mengambil korban pada pemain berusia 25 tahun itu. Griezmann sebelumnya memulai kompetisi dengan penampilan di bawah kemampuan terbaiknya.

Ciuman di sepatu datang setelah Griezmann mencetak gol keduanya untuk memastikan kemenangan dan bergabung bersama Gareth Bale dari Wales dan pemain Spanyol Alvaro Morata di puncak klasemen pencetak gol Piala Eropa 2016 dengan tiga gol.

Para pendukung akan berharap bahwa gerakan tersebut akan menjadi setara dengan ritual ciuman kepala bek Laurent Blanc kepada kiper Fabien Barthez yang terjadi pada saat-saat yang paling ikonik dalam kemenangan Prancis saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 1998.

“Kami memberitahu diri kami bahwa kami adalah tim Perancis dan kekalahan akan membuat kami menjadi bahan tertawaan,” ucap Griezmann. “Saya bukan penyelamat, itu adalah upaya tim,” sambungnya.

Dia mengetahui penggemar menginginkan hal yang kurang lebih sama dari dia ketika Perancis menghadapi Islandia di Paris pada hari Minggu untuk tempat di semifinal. Striker Atletico Madrid bisa dimaafkan karena merasa lelah saat turnamen dimulai, setelah mencetak 22 gol dalam 38 pertandingan musim ini untuk klubnya dan melaju ke final Liga Champions. Pelatih Atletico Diego Simeone mengatakan Griezmann adalah pemain yang disiplin dan sikap bekerja kerasnya membuat dia menjadi salah satu dari tiga pemain terbaik di dunia.  ben/Rtr/S-1

Tim Merah Putih Ditargetkan ke Final Beregu AJC 2016

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menargetkan tim beregu Indonesia yang tampil di Badminton Asia Junior Championship (AJC) 2016 bisa mencapai babak final di Bangkok, Thailand. Tim Merah Putih akan mengirimkan 22 pebulu tangkis mudanya untuk … Selengkapnya

INASGOC Genjot Persiapan Venue Asian Games

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Panitia penyelenggara Asian Games 2018 atau Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) resmi terbentuk awal Juni 2016. Wakil Ketua Umum INASGOC, Muddai Madang mengatakan tugas utamanya kini menggenjot persiapan venue yang saat ini sudah mulai dilakukan.

Koordinasi antar … Selengkapnya

Bocah Ajaib Portugal Ingin Buktikan Diri

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penampilannya pada laga lawan Kroasia membuat Sanches melampaui rekor Cristiano Ronaldo dan menjadi pemain termuda negaranya di turnamen besar.

MARSEILLE – Salah pemain muda paling mahal di Eropa Renato Sanches belum memakukan tempatnya sebagai starter untuk Portugal, namun gelandang berotot … Selengkapnya

kupas

Cukai Akan Menurunkan Daya Beli Masyarakat

Kamis 30/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Rencana Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang akan mengenaikan cukai plastik kemasan menuai protes dari beragam kalangan. Protes yang paling keras dilancarkan oleh pelaku industri yang menilai pemerintah tidak serius untuk mendorong pertumbuhan ekonomi jika kebijakan itu jadi dieskekusi.

Pengenaan cukai terhadap kemasan plastik dinilai hanya melemahkan daya saing industri. Industri makanan dan minuman yang selama ini pertumbuhannya di atas 7 persen akan tiarap jika keputusan itu jadi diberlakukan.

Penolakan juga bukan hanya dari industri, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai pembina industri pun turut turun tangan. Kemenperin meminta agar nasib industri perlu dijaga, bukannya dikorbankan.

Namun, menyikapi beragam penolakan itu, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro membantah bahwa pengenaan cukai plastik merugikan industri. Menurutnya, nilainya terlalu kecil sehingga tidak membenani industri.

Untuk mendalami dampak dari kebijakan cukai plasitik tersebut, berikut kutipan wawancara Koran Jakarta dengan Peneliti Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, Eugenia Mardanugraha. Eugenia telah membuat simulasi riset terkait dampak dari perluasan Barang Kena Cukai (BKC) terhadap plastik kemasan terhadap industri dan penerimaan negara.

Anda telah melalukan simulasi riset terkait dampak cukai plastik jika diberlakukan, bisa dijelaskan?

Intinya, negara bakal kehilangan pendapat cukai seitar setengah triliun rupiah. Penghitungan ini dilakukan dengan menggunakan data bulanan periode Januari 2013- Januari 2016 yang memakai metode regresi linear untuk memperkirakan besarnya penurunan permintaan terhadap kenaikan harga.

Regresi linear atau ordinary least square merupakan metode untuk mengestimasi besarnya elastisitas permintaan terhadap harga minuman dalam kemasan. Minuman dalam kemasan plastik terdiri dari air, soda, the dan jus. Dalam penelitian ini dilakukan estimasi nilai elastisitas terhadap keempat macam minuman dan dua macam kemasan.

Lalu, apa hasilnya?

Kami mengasumsikan pengenaan cukai untuk setiap kemasan gelas dikenakan 50 rupiah dan untuk kemasan botol sebesar 200 rupiah, maka dalam setahun pemerintah diperkirakan memperoleh pendapatan sebesar 1,9 triliun rupiah. Namun, di sisi lain dengan memperhitungkan nilai elastisitas dari masing-masing produk, total penurunan penjualan yang dihadapi oleh industri minuman diperkirakan sebesar 10,2 triliun rupiah. Penurunan penjualan akan menurunkan penerimaan pemerintah dari Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan Pajak Pertambahan hasil (PPh) Badan yang disetorkan oleh perusahaan berdasarkan nilai penjualannya PPn dikenakan sebesar 10 persen dari nilai penjualan, sementara PPh badan dihitung dengan menggunakan setoran pajak.

Negara memang akan memperoleh penerimaan sebesar 1,91 triliun rupiah tetapi di sisi lain akan kehilangan penerimaan hingga 2,44 triliun rupiah, sebagai dampak dari turunnya penerimaan dari PPn dan PPh badan. Pemerintah bakal mengalami kerugian sebesar 528 miliar rupiah per tahun, belum termasuk dengan biaya pemungutan cukai yang harus dikeluarkan pemerintah.

Apa tujuan dari simulasi riset tersebut?

Simulasi ini untuk mengingatkan pemerintah bahwa pengenaan cukai plastik bukannya menguntungkan tetapi justru kontra produktif. Kebijakan itu diyakini tidak akan menyelesaikan isu sampah plastik serta menghambat pertumbuhan industri. Ekstensfisikasi cukai kemasan botol dan gelas plastik minuman memang meningkatkan pendapatan cukai pemerintah, namun di sisi lain menurunkan disposable income rumah tangga, menurunkan daya beli masyarakat serta menurunkan penjualan. Apa yang anda khawatirkan jika pemerintah tidak mendengar masukan dari industri maupun dari pihak lainnnya ? Yang pasti kebijakan ini akan berdampak pada kenaikan harga produk, menurunkan permintaan minuman serta menurunkan pendapatan pemerintah. Ini akan memperlemah daya saing industri. Selain itu juga berpeluang menimbulkan masalah baru yakni menjamurnya cukai palsu karena mekanisme cukai yang rumit dan mahal. Kebijakan ini juga akan memberikan dampak buruk terhadap usaha kecil (UMKM) pengguna kemasan botol dan gelas plastik yang berjumlah sekitar 650 perusahaan.

Lalu, apa saran Anda?

Objek cukai baru sebaiknya dikenakan kepada barang-barang yang dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan tinggi, sehingga kenaikan harga yang ditanggungnya tidak menurunkan konsumsi. Tidak hanya itu, perlu ada studi komperehensif mengenai dampak Lingkungan Hidup (LH) dan kondisi sampah kemasan plastk. Itu untuk memperoleh kebijakan kemasan cukai plastik yang efektif.

“Saya Curiga Ada Unsur Penipuan”

Rabu 29/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta disibukkan lagi dengan kasus pembelian lahan untuk pembangunan rumah susun Cengkareng Barat, Jakarta, yang diduga terjadi salah perhitungan.

Disebut-sebut, Pemprov DKI Jakarta membeli lahan miliknya sendiri sehingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai terjadi penggunaan anggaran … Selengkapnya

Masyarakat Bisa Layangkan Gugatan “Class Action” pada Pemerintah

Selasa 28/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Terungkapnya peredaran vaksin palsu belakangan ini menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Praktik pemalsuan vaksin ini dinilai merupakan buah dari kelalaian pemerintah dalam melakukan pengawasan, mengingat sudah terjadi sepanjang 13 tahun.

Untuk itu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) bersedia memfasilitasi masyarakat … Selengkapnya

Bnn Tembak di Tempat Pengedar Narkoba Setelah Revisi Uu

Senin 27/6/2016 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kejahatan narkoba adalah kejahatan luar biasa. Karenanya, Presiden meminta kepada aparat penegak hukum baik itu Polri, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) bersinergi untuk mengejar, menangkap dan menghajar para bandar narkoba tersebut agar generasi muda Indonesia … Selengkapnya

berita lain

Asing Bidik Pasar Bisnis Sewa Apartemen

Jumat 1/7/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertumbuhan sewa apartemen makin menggiurkan di kawasan Jakarta Pusat. Merambahnya para profesional baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang bekerja di Jakarta Pusat memicu meningkatnya permintaan sewa apartemen dibandingkan pembelian apartemen.

Hardi Saputra, Business Intellegence manager Rumah 123. com, … Selengkapnya

Trik Operator Kurangi Delay Pengguna FB

Kamis 30/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tingginya akses ke media sosial yang dimiliki para OTT sepeca Twitter, Facebook (FB), Youtube sebenarnya cukup membebani bagi operator telekomunikasi di Indonesia. Selain banyaknya bandwidth yang harus ke luar negeri akses ke media sosial yang rata-rata berada di luar negeri … Selengkapnya

Jelang Lebaran ATM Tawarkan Diskon

Rabu 22/6/2016 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Meski tidak banyak agen pemegang merek menggunakan masa menjelang Lebaran untuk menarik pembeli dan merebut simpati. Chevrolet misalnya melakukan program promo menarik bagi pembeli, sedangkan Tata menawarkan diskon suku cadang dan pemeriksaan dan penyetelan gratis.

Menyongsong hadirnya Hari Raya Idul … Selengkapnya