Koran Jakarta | August 26 2019
No Comments

8 Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan

8 Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, penghasilan bu­lanan saya tidak cukup semen­tara kebutuhan keluarga terus meningkat. Saya ingin memulai usaha sampingan. Bisnis apa yang cocok untuk saya Bu?

Jawaban:

Menjadi karyawan swasta dan pegawai negeri sipil (PNS) menjadi kebanggaan tersen­diri karena Anda memiliki penghasilan tetap setiap bu­lan, jaminan kesehatan hingga uang pesangon. Sayangnya, penghasilan bulanan terka­dang tidak mencukupi untuk menambah aset dan keka­yaan.

Jika ingin menambah penghasilan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha sampingan. Dikutip dari Tu­naiKita, berikut beberapa ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan:

  1. Reseller Barang Fash­ion Online

Anda tidak membutuhkan modal karena Anda akan menjualkan barang-barang milik distributor atau orang lain. Anda bisa memasarkan barang dagangan melalui media sosial atau memasar­kannya melalui e-commerce ternama sehingga keper­cayaan konsumen jadi lebih tinggi karena dana ditransfer ke rekening resmi milik e-commerce.

Update dan cek chattingan dari pembeli sebelum berang­kat kerja, jam makan siang kantor, dan setelah jam pulang kerja. Dengan begitu waktu kerjamu sebagai karyawan tidak terganggu.

  1. Jual Racikan Kopi

Tidak perlu membuka kedai kopi, Anda cukup berjualan racikan kopi sen­diri sehingga pembeli tinggal menyeduhnya saja. Cobalah untuk bereksperimen untuk mendapatkan hasil racikan kopi yang enak. Kalau perlu, Anda bisa kursus barista ter­lebih dahulu agar memahami dengan benar cara meracik kopi mulai dari memilih biji kopi, memanggang, meracik, hingga menyeduhnya. Jual racikan kopi dalam bentuk sachet sehingga cukup untuk porsi satu orang.

  1. Broker Properti dan Kendaraan Bermotor

Bisnis properti dan ken­daraan bermotor memang sangat menjanjikan karena memiliki komisi yang luma­yan besar. Coba bayangkan kalau jatah komisi 1 persen dari harga jual properti Rp 500 juta, maka uang komisi yang bisa didapatkan adalah Rp 5 juta.

Supaya pekerjaan sebagai karyawan tidak terbengkalai, maka Anda bisa menjadi broker properti dan kenda­raan bermotor secara online sehingga Anda bisa menger­jakan usaha ini dari mana saja dan kapan saja karena waktunya bisa disesuaikan di luar jam kantor.

  1. Jasa Penerjemah Free­lance

Anda mampu berbahasa asing? Manfaatkan kemam­puan ini untuk membuka jasa penerjemah freelance, bisa berupa translate doku­men kantor, surat kerjasama, makalah, berita, jurnal, artikel, dan lain sebagainya.

Kenakan tarif yang dihitung berdasarkan kata, misalkan saja untuk 1 lembar dengan 500 kata, tarif yang dikenakan adalah Rp 100 ribu. Kamu bisa mulai menawarkan jasa penerjemahmu ke penerbit atau situs portal berita.

  1. Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki keah­lian di bidang desain grafis, maka manfaatkanlah keah­lian ini untuk membuka jasa desain logo, banner, kemas­an, poster, kartu nama, kartu undangan pernikahan, kaos sablon, dan lain sebagainya. Promosikan hasil desain Anda melalui Instagram pri­badi supaya orang bisa meli­hat sebagus apa karya desain yang telah Anda buat.

  1. Pembuatan Blog dan Website

Tidak perlu modal yang banyak, Anda cukup meng­andalkan laptop atau kom­puter, jaringan internet, dan kemampuanmu di bidang IT. Penggunaan blog dan web­site tak hanya sebagai sarana untuk promosi perusahaan atau usaha tertentu, tapi juga untuk keperluan pribadi seperti menaruh portofolio agar bisa dilihat banyak orang.

  1. Bisnis paket wisata

Anda bisa mulai membuat paket wisata, baik itu dalam dan luar negeri. Supaya lebih menarik, tawarkan paket wisata untuk solo traveling, honeymoon, hingga rom­bongan. Jangan lupa untuk mengajak kerjasama perusa­haan travel, hotel, dan juga maskapai penerbangan agar Anda bisa mendapatkan diskon atau komisi.

  1. Sewa Perlengkapan Naik Gunung

Perlengkapan gunung yang bisa disewakan mu­lai dari ransel gunung, jaket untuk mendaki, tenda, senter, tongkat gunung, handy talkie, sampai perlengkapan untuk memasak, seperti kompor portabel, spirtus, gas, panci, dan lain sebagainya. Untuk promosinya, kamu bisa mulai menawarkan kepada komuni­tas pecinta alam.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment