Koran Jakarta | December 13 2017
No Comments

5 Kebiasaan Kecil Pengantar Sukses

5 Kebiasaan Kecil Pengantar Sukses
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, saya pernah mendengar bahwa kesuksesan dimulai dari hal-hal kecil. Contohnya seperti apa ya Bu?

Vita, Jakarta

Jawaban :

Seperti pepatah tua, ada seribu satu jalan menuju Roma. Artinya, cara untuk mencapai sebuah tujuan di dalam kehidupan tidak hanya satu saja. Hal yang serupa berlaku untuk mengejar kesuksesan Anda. Selain kejatuhan durian alias beruntung, ada mindset, skill, dan kiat tertentu yang harus Anda lakukan untuk dapat sukses. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang umumnya dilakukan oleh orang-orang sukses.

  1. Manajemen Waktu yang Baik

Waktu merupakan sumber daya yang tidak dapat diulang maupun dipercepat. Maka dari itu, kita harus memanfaatkan waktu di masa kini semaksimal dan sebaik mungkin. Pengelolaan waktu yang baik merupakan ciri khas dari pekerja yang sangat dihargai oleh atasan.

  1. Hindari Menunda Tugas

Menunda untuk mengerjakan tugas sering dilakukan oleh kita, baik dalam lingkup sekolah maupun pekerjaan. Lakukan apapun yang dapat membuat Anda tetap bersemangat.

Salah satu cara untuk memotivasi yang biasanya ampuh adalah bayangkan kesuksesan seperti apakah yang nanti akan didapatkan, dan bagaimana perasaan Anda jika sampai di tahap tersebut. Lalu sadari bahwa untuk mendapatkan itu semua, Anda harus melalui semua kewajiban ini.

Cara kedua adalah memainkan sisi psikologis Anda sendiri. Secara teori psikologi, jika Anda memberitahukan target diri sendiri ke rekan kerja secara publik, Anda akan terpacu untuk benar-benar meraih target tersebut, karena ketika rasa malas mulai melanda, Anda akan merasa malu dan kecewa jika target tersebut tidak dapat dilakukan.

  1. Buat Daftar Prioritas Tugas

Kalau perlu, sesaat setelah Anda bangun atau malam sebelum tidur, buatlah daftar prioritas tugas yang harus dikerjakan, mulai dari yang terpenting sampai ke yang tidak terpenting. Fokuskan diri Anda untuk bekerja sesuai dengan urutan tersebut.

Jika terdapat tugas besar yang harus diselesaikan dengan melakukan beberapa langkah, pecah lagi ke dalam beberapa poin, dan prioritaskan pula poin tersebut mulai dari yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Di zaman modern ini terdapat banyak aplikasi atau agenda manual untuk mempermudah pembuatan daftar prioritas tugas.

  1. Kuasai Pikiran Anda

Pikiran memegang peranan kuat di dalam kehidupan kita. Dengan mindset yang optimis, kita akan menjadi percaya diri dan ambisius dalam meraih apa yang kita inginkan. Kita akan memandang pekerjaan kita dengan positif. Jika Anda gagal dalam tugas sebelumnya, jangan patah semangat. Ingat, kegagalan adalah sukses yang tertunda. Peribahasa tersebut bukanlah suatu kebohongan belaka, tapi memang kenyataannya kegagalan Anda tidak menentukan kemampuan Anda. Justru jadikanlah itu pemicu Anda melakukan yang lebih baik lagi.

Untuk melakukan apa yang Anda mau lakukan, dan mencapai apa yang Anda mau, pola pikir sangat berpengaruh pada keberhasilan. Yakinkanlah diri sendiri bahwa Anda mampu, dan kepercayaan diri akan meningkat setahap demi setahap.

  1. Punya Rasa Empati

Anda bisa saja disiplin, pintar, dan berbakat dalam melakukan pekerjaan yang bersangkutan. Namun jika Anda tidak peduli terhadap lingkungan sekitar, baik itu kantor atau kelas, dan hanya fokus kepada kesibukan diri sendiri, dengan kata lain tidak bisa berempati terhadap sesama, Anda tidak dapat berkembang. Empati artinya mampu untuk turut merasakan apa yang orang lain alami, membuat Anda menjadi seseorang yang dapat bekerjasama dalam tim dan memotivasi dengan baik.

Hal-hal diatas memang terkesan sepele dan tidak berhubungan secara langsung untuk meraih kesuksesan Anda. Namun jangan lupa, jika kebiasaan ini terus dilakukan sebagai bagian dari gaya hidup Anda, akan mempermudah Anda dalam bekerja, baik secara teknis dan mental, niscaya pun akan semakin dekat dengan kesuksesan Anda.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment