Koran Jakarta | October 22 2017
No Comments
Sidang Pembunuhan

4 Terduga Pembunuh Kim Jong-nam Diungkap

4 Terduga Pembunuh Kim Jong-nam Diungkap

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

KUALA LUMPUR – Empat terduga dalang pembunuh Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jongun, untuk pertama kali dipublikasikan identitasnya dipersidangan yang digelar pada Kamis (12/10). Keempatnya adalah Chang, inisial Y, James, dan Hanamori atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Kakek” atau “Paman”.

Di dalam persidangan tersebut, Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz, aparat penyidik, mengatakan pria dengan inisial Y adalah seorang laki-laki yang sosoknya terlihat dalam rekaman CCTV dan ditayangkan di pengadilan. Dia mengenakan topi hitam dan membawa sebuah tas ransel hitam. Di CCTV, terlihat Y berjalan menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur dengan terduga pembunuh Kim Jong-nam dari Vietnam, Doan Thi Huong, 28 tahun.

“Berdasarkan investigasi saya, Y adalah orang yang memberikan cairan pada terduga kedua (Huong),” kata Wan Azirul. Saat ini, Huong dan Siti Aisyah, 25 tahun, dari Indonesia, dituduh telah membunuh Kim Jong-nam dengan cara mengolesi racun VX ke wajah korban. Racun VX dilarang oleh PBB dan dikategorikan sebagai senjata kimia pemusnal massal. Sementara itu dalam rekaman CCTV, Chang terlihat melakukan pertemuan terpisah dengan Siti Aisyah di sebuah restoran di lantai 3 Bandara Internasional Kuala Lumpur. Adapun Hanamori adalah orang yang memberikan instruksi kepada Y. Sedangkan James merupakan orang yang merekrut Siti Aisyah.

Dalam keterangannya, Wan Azirul tidak menyebutkan apakah keempat terduga itu adalah warga negara Korut atau mereka orang-orang yang sama, yang disebut kepolisian Malaysia meninggalkan Ibu Kota Kuala Lumpur menuju Pyongyang pada hari dilakukannya eksekusi pembunuhan Kim Jong-nam.

Kunjungi TKP

Pemerintah Malaysia telah mengeluarkan sebuah pemberitahuan kepada Interpol terhadap empat terduga tersebut, yang teridentifikasi sebagai orang Korut dan bernama asil Ri Ji Hyon, Hong Song Hac, O Jong Gil, dan Ri Jae Nam. Pengadilan rencananya akan membuat kesimpulan setelah melakukan kunjungan ke tempat kejadian perkara (TKP) yaitu di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 24 Okotber mendatang.

Beberapa gambar di CCTV memperlihatkan bagaimana Huong mendekati seorang laki- laki yang teridentifikasi sebagai Kim Jong-nam, dari belakang dan menempatkan kedua tangannya di sekitar leher dan wajah korban. Dia lalu mundur perlahan dengan kepala menunduk.

Sebagian besar isi rekaman CCTV memperlihatkan Huong dan Siti Aisyah sebelum, saat dan setelah melakukan penyerangan terhadap Kim Jongnam. Keduanya terlihat berada di tempat-tempat terpisah, tetapi berada di tempat yang sama saat aksi penyerangan dilakukan.

Kim Jong-nam, diduga kuat dibunuh atas perintah adik tirinya, Kim Jong-un, guna mengamankan dinasti Kim. Kim Jong-un sebelumnya telah dituduh membunuh pamannya, Jang Song Thaek, pada 2013 karena telah menghimpun kekuatan saingan. Rtr/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment