Koran Jakarta | August 20 2018
No Comments
Keputusan Pemerintah

14 Proyek Strategis Dicoret dari Daftar PSN

14 Proyek Strategis Dicoret dari Daftar PSN

Foto : ANTARA/Wahyu Putro A
Evaluasi Proyek - Presiden Joko Widodo memimpin ratas evaluasi proyek strategis nasional di Jakarta, Senin (16/4). Presiden mengatakan proyek strategis 2018 untuk segera dieksekusi.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pemerintah mencoret 14 proyek senilai 246 triliun rupiah dari daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) karena tidak memenuhi syarat untuk dilanjutkan pelaksanaannya.

Proyek yang dipangkas itu di antaranya proyek kereta api Jambi– Palembang, proyek rel kereta Provinsi Kalimantan Timur, Bandara Kediri, pembangunan rel double track Sukabumi, dan sistem penyedian air minum regional di Sumatera Utara.

Keputusan pemerintah itu diambil setelah rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/4).

Usai rapat, Menteri Koordinator bidang Ekonomi, Darmin Nasution, mengatakan berdasarkan evaluasi pada kuartal I tahun 2018, ada 14 proyek yang tidak dimasukkan ke dalam PSN. Nilai proyek yang tidak jadi dimasukkan ke PSN sebesar 264 triliun rupiah.

“Kalau proyek strategis nasional itu belum ada pembangunan fisik, belum ada konstruksi pada Kuartal III tahun 2019, kami akan anggap tidak diteruskan,” katanya.

Akan tetapi, dia mengatakan proyek yang telah dikeluarkan dari PSN bukan berarti tidak bisa diteruskan selama-lamanya. Kementerian atau pemerintah daerah terkait akan bisa mengusulkannya kembali untuk dimasukkan ke dalam PSN bila sudah siap.

Menurut Darmin Nasution, PSN kini berjumlah 222 proyek setelah memperhitungkan proyek yang telah selesai. Proyek yang telah selesai itu dikeluarkan dari daftar PSN. Selain itu, ada tambahan satu proyek baru yakni Universitas Islam Internasional Indonesia yang rencananya dibangun di Depok.

“Usulan proyek ini dari Menteri Agama,” katanya. Adapun 222 proyek yang menjadi PSN terbagi ke dalam proyek jalan sebanyak 69 proyek, bendungan 51 proyek, dan kawasan industri dan kawasan pariwisata strategis nasional 29 proyek.

Kemudian, ada proyek kereta api sebanyak 16 proyek, energi 11 proyek, pelabuhan 10 proyek, air bersih dan sanitasi delapan proyek, bandara enam proyek, irigasi enam proyek irigasi, smelter enam proyek, teknologi empat proyek, perumahan tiga proyek.

Ada proyek pertanian, tanggul laut, pendidikan, pesawat terbang, agraria, dan kehutanan masing-masing satu program.

“Estimasi nilai investasinya lebih dari 4.100 triliun rupiah,” jelas Darmin. Saat membuka rapat, Presiden Jokowi meminta PSN yang belum rampung di tahun 2017 agar segera diselesaikan pada tahun 2018.

“Sampai dengan awal 2018 ini, mana yang betul-betul bisa dieksekusi dan mana yang tidak mungkin dilaksanakan dan PSN yang belum rampung di 2017 saya minta juga agar segera diselesaikan dan dituntaskan pengerajaannya untuk tahun ini,” kata Presiden Jokowi.

Presiden juga minta kepada jajarannya agar program PSN yang direncakan untuk tahun 2018 betul-betul dipastikan eksekusinya di lapangan.

“Saya minta diperhatikan dampak dari setiap proyek PSN pada peningkatan nilai tambah perekonomian daerah serta dampak pada upaya kemiskinan dan menekan ketimpangan,” ucap Presiden. fdl/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment