Koran Jakarta | January 18 2018
No Comments

"Platform" Navigasi Menuju Mobil Otonom


Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam mengembangkan mobil otonom, LG melakukan kerja sama dengan Here, platform dari Nokia yang kini dimiliki oleh Audi, BMW dan Daimler. Here merupakan platform navigasi pemetaan untuk mengumpulkan produk telematika yang ditujukan untuk aplikasi kendaraan self-driving.

Solusi bersama akan menempatkan teknologi telematika LG bersama dengan layanan lokasi Here dan peta resolusi tinggi untuk menawarkan sesuatu yang dapat digunakan oleh mobil sebagai pusat komunikasi untuk platform kendaraan semi otonom dan otonom sepenuhnya.

LG tidak asing dengan dunia telematika, termasuk penawaran keselamatan dan hiburan kendaraan, yang telah menjadi pemimpin industri sejak 2013. “Namun, kami berharap dapat maju menghadapi ADAS dan teknologi kendaraan otonom generasi mendatang dan bermitra dengan here,” demikian siaran pers Here yang dilansir baru-baru ini.

Teknologi navigasi dari LG menggabungkan teknologi komunikasi termasuk GPS, Bluetooth, Wi-Fi dan jaringan seluler termasuk standar 5G yanguntuk membantu mengkomunikasikan data yang dikirimkan ke sesame kendaraan otonom lain di jalan.  

Data dikirim ke sistem informasi ke pusat navigasi dan teknologi di dalam mobil. Data yang terkumpul lalu disatukan dari berbagai kendaraan dan informasi telematika yang ada akan membentuk komponen kunci dari sistem kendaraan otonom.

LG, pemimpin pasar telematika global sejak 2013, akan memperkenalkan solusikendaraan otonom generasi mendatang dan bersama Here menawarkan informasi peta presisi tinggi untuk memenuhi kebutuhan industri kendaraan otonom yang berkembang dengan cepat.

Here akan menyediakan data peta dan lokasi layanan terdepan di dunia untuk industri otomotif, yang memotori lebih dari 100 juta mobil di jalan hari ini. Perusahaan ini juga bekerja sama dengan pembuat mobil untuk pengembangan HD Live Map, layanan peta berbasis awan yang sangat akurat yang mendukung ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) dan solusi mengemudi otomatis.

“HD Live Map, yang diproyeksikan LG untuk dipasang dalam solusi bersama, menawarkan mobil, mengidentifikasi semua jalan dan fitur sekitarnya seperti tanda lane, tanda berhenti, penyeberangan, tanda kecepatan dan lampu lalu lintas,” tambah Here.

Sementara sensor di ADAS kendaraan - terdiri dari kamera, radar dan lidar  yang membaca lingkungan sekitar dan dikirim ke cloud beserta informasi kendaraan terdekat yang dikumpulkan melalui V2X (Vehicle-to-Everything). 

Semua informasi yang dikumpulkan berulang kali dianalisis dan dikirimkan ke sistem telematika kendaraan untuk informasi berkendara yang disesuaikan.

Solusi telematika LG butuh dukunganteknologi  GPS, Bluetooth, Wi-Fi dan komunikasi bergerak generasi 5G. Oleh karenanya ensinyur LG tengahmengembangkan produk 5G, yang lima kali lebih cepat dari LTE dengan pengurangan latensi hingga 90 persen, ideal untuk operasi kendaraan otonom generasi berikutnya. hay/E-6 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment